Mengenal Pendiri Jama’ah Tabligh

Posted: 22 - November - 2007 in Harokah, Nasehat

bismalh.gif

MENGENAL PENDIRI JAMA’AH TABLIGH

Disusun Oleh:

Abu Muhammad Abdurrahman Sarijan

Jama’ah Tabligh adalah salah satu diantara jama’ah-jama’ah dakwah yang ada pada saat ini. Jama’ah ini berdiri sekitar pertengahan abad 14 Hijriyah, pendirinya adalah Syaikh Muhammad Ilyas bin Muhammad Isma’il Al-Kandahlawiy1).

Kelahirannya:

Syaikh Muhammad Ilyas dilahirkan pada tahun 1302 Hijriyah, ia menghafal Al-Qur’an dan kitab-kitab hadits (Kutubus Sittah) di atas manhaj Ad-Deobandiy2), dengan madzhab Hanafi, Aqidah Asy’ariy Al-Maturidiy, dan dengan thoriqoh shufiyah.

Jama’ah Tabligh menganut 4 (empat) thoriqoh shufiyyah, yaitu:

a. Thoriqoh An-Naqsyabandiyyah.

b. Thoriqoh As-Sahrudiyyah.

c. Thoriqoh Al-Qodariyyah.

d. Thoriqoh Al-Jisytiyyah.

Syaikh Muhammad Ilyas telah melakukan bai’at shufiyyah kepada Syaikh Rosyid Ahmad Al-Kankuhiy, kemudian ia memperbaharuinya setelah Syaikh Rosyid meninggal kepada Syaikh Ahmad Al-Sahranfuriy. Syaikh Ahmad memberikan izin kepada Muhammad Ilyas untuk membai’at orang lain menurut manhaj shufi.

Syaikh Muhammad Ilyas sering sekali duduk berkhalwat di kuburan Syaikh Nur Muhammad Al-Badayuniy dan kuburan Syaikh ‘Abdul Kudus Al-Kankuhiy seorang penganut faham wihdatul wujud 3).

Berkata Muhammad Manzur Al-Nu’maaniy menukil perkataan Syaikh Muhammad Ilyas tentang dirinya:”Terbuka jelas jalan dakwah ini ketika saya mendapatkan ilham dalam mimpi tentang tafsir baru firman Allah:

{كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ} (110) سورة آل عمران

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik” (QS. Ali Imron: 110).

Dan hal itu tidakdapat terwujud dengan tetap tinggal disatu tempat, berdasarkan dalil firman Allah ( أخرجت). Dan iman akan bertambah dengan khuruj ini, dengan dalil adanya firman Allah Azza wa Jalla ( وتؤمنون بالله ) setetelah firman-Nya ( أخرجت للناس ) dan makna kalimat ( أمة ) adalah bangsa arab dan ( الناس) adalah bangsa-bangsa selain arab.

Allah Azza wa Jalla telah menyampaikan tentang bangsa arab sebagaimana dalam firman-Nya:

{لَّسْتَ عَلَيْهِم بِمُصَيْطِرٍ} (22) سورة الغاشية

“Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka” (QS. Al-Ghoosyiyyah: 22). Dan firman-Nya:

{… وَمَا أَنتَ عَلَيْهِم بِوَكِيلٍ} (107) سورة الأنعام

“…dan kamu sekali-kali bukanlah pemelihara bagi mereka” (QS. Al-An’am: 107)4).

Wafatnya:

Syaikh Muhammad Ilyas meninggal dunia pada tahun 1364 Hijriyah atau bertepatan pada tahun 1944 Masehi, meninggalkan keluarga dan pengikutnya. Diantara putranya adalah Syaikh Muhammad Yusuf Al-Kandahlawiy, amir kedua Jama’ah Tabligh. Juga meninggalkan seorang putrid yang kemudian menikah dengan Syaikh Muhammad Zakaria, penulis kitab Tabligh An-Nishob.5)


Catatan Kaki:

1. Al-Kandahlawiy adalah penisbatan kepada tanah kelahirannya Kandahla distrik Saharanpur.

2. Ad-Deobandiyah adalah nisbat kepada nama desa Deoband. Deobandiyyah adalah madrasah Darul Ulum yang di dirikan pada tanggal 18 Muharram 1288 H. Khusus mengajarkan madzhab Hanafi dan Aqidah Asy’ariyah Maturidiyah. Mereka beranggapan bahwa madrasah ini di dirikan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, dihadiri oleh Syaikh Muhammad Qaasim An-Nanutawi Al-Hanafiy Al-Jitsiy.

3) Jama’ah Tabligh, hal: 12-13. Muhammad Aslam. Dengan Perantara kitab Haqiqat Ad-Da’wah Ila Allah. Oleh: Sa’ad Hushain.

4) Lihat Al-Mauridul ‘Adzbul Zulal, hal: 250-251. Oleh: Syaikh Ahmad Yahya dan juga Jama’ah Tabligh, hal: 14. Oleh: Miyan Muhammad Aslam.

5) Haqiqat Ad-Da’wah Ila Allah, hal: 63. Oleh: Sa’ad Hushain.


Sumber:
www.ahlulahwa.wordpress.com

Iklan
Komentar
  1. Abu Muhammad berkata:

    Jama’ah ini berdiri sekitar pertengahan tahun 14 Hijriyah
    ====================================
    Mungkin yang dimaksud dalam kalimat ini adalah “PERTENGAHAN ABAD 14 HIJRIYAH”, karena setelah itu disebutkan bahwa Syaikh Muhammad Ilyas dilahirkan pada tahun 1302 Hijriyah..

    Baarokallahu fiikum

    Na’am. Jazakumullah khairon katsiro

  2. mr black berkata:

    he..he..oo..ternyata kebanyakan referensinya dari muhammad aslam ya..mantan tentara yang sekripsinya saja gak diketahui sumber dan gurunya dari mana ya..

    Jangan terburu-buru dulu mas. Dalam catatan kaki no. 25 kitab Al-Ajwibatul Mufidah ‘an Asilah Manaahij Al-Jadidah ketika menerangkan buku-buku yang membantah Jama’ah Tabligh setelah buku karya Syaikh Sa’ad bin Abdirrahman Al-Husain dan Syaikh Hamuda At-Tuwaijiriy, dikatakan:

    و كتب عنهم المجير محمد أسلم رحمه الله وهو باكستاني الجنسية ومن خريجي الجامعة الإسلامية بالمدينة المنورة.

    Jadi jelas tuduhan Anda salah wahai saudaraku.

  3. Salman aljazuli berkata:

    Kayaknya harus Masuk dulu………………………………………………………………
    dari pada jadi salafi kaslan……

    Kami jadi teringat dengan ucapan salah satu pegawai (orang Indonesia) yang bekerja di DEPAG Kuwait dan Lajnah Junub Syarq Asia Jum’iyyah Ihya’ut Turots Al-Hizbiyyah. Ia berkata kepada kami sebanyak dua kali:”Jika kamu ingin menasehati jama’ah Tabligh dan Ikhwabul Muslimin, maka kamu harus masuk dulu ke dalamnya!”.

    Ya salam…., nasehat apa ini! kami selama ini belum pernah mendengar/membaca nasehat seperti ini kecuali dari beliau. Nasehat yang menyesatkan.

    Kami berkata: Bukankah apa-apa yang diterangkan tentang Jama’ah Tabligh sebagiannya berasal dari orang-orang yang pernah masuk di dalamnya? Cobalah kita simak dalam kitab “Qaulul Baligh” karya Syaikh At-Tuwaijiriy rahimahullah, maka kita tentu akan mendapati betapa sesatnya Jama’ah Tabligh ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s