Cara Membasuh Kedua Khuf/Kaos Kaki

Posted: 12 - Juli - 2007 in Bantahan, Fatwa, Fiqih

Bismilah

CARA MEMBASUH KEDUA KHUF/KAOS KAKI

Oleh:

Asy-Syaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin rahimahullah

Soal: Bagaimanakah hokum orang yang berwudlu setelah membasuh kaki kanan lalu memakai kaos kaki atau khuf padanya, kemudian membasuh kaki kiri lalu memakai kaos kaki padanya juga?

Jawab: Permasalahan ini menjadi lahan perbedaan pendapat antara para ulama. Sebagian berkata:Ia harus menyempurnakan bersuci sebelum memakai kaos kaki ataupun khuf. Sebagian yang lain berkata: Ia boleh memakai yang kanan jika kaki kakan telah dibasuh, kemudian membasuh kaki kiri lalu memakai kaos kaki atau khuf sebelah kiri. Ia tidak memakaikannya pada kaki kanan kecuali setelah kaki kanannya suci, begitu juga dengan kaki kirinya, sehingga hal ini sesuai dengan aturan untuk memakaikannya pada saat keduanya telah suci.

Tetapi ada hadits yang diriwayatkan oleh Ad-Daruquthni dan Al-Hakim yang disahihkannya, bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (artinya):”Apabila salah seorang dari kalian telah selesai berwudlu dan memakai khufnya”. Sabdanya:”Apabila salah seorang dari kelian telah selesai berwudlu” lebih menguatkan pendapat pertama, karena barangsiapa yang belum membasuh kaki kiri berarti belum selesai wudlunya. Dan pendapat inilah yang lebih utama.

Dinukil dari: Majmu’ Fatawa Arkanil Islam, soal no: 148

Iklan

Komentar ditutup.