Adakah Azab Kubur?

Posted: 9 - Juli - 2007 in Aqidah/Manhaj, Bantahan, Fatwa

Bismilah

ADAKAH AZAB KUBUR?

Oleh:

Asy-Syaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin rahimahullah

Samahatusy Syaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin rahimahullah ditanya:”Apakah azab kubur benar-benar ada?”

Jawab: Azab kubur benar-benar ada berdasarkan keterangan sunnah, zahirnya Al-Qur’an dan ijma’ (=kesepakatan) kaum muslimin. Tiga dasar inilah dalilnya.

Adapun keterangan As-Sunnah, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (artinya):”Berlindunglah kalian kepada Allah dari azab kubur, berlindunglah kalian kepada Allah dari azab kubur” (HR. Muslim no. 2867).

Adapun ijma’ kaum muslimin, karena semua kaum muslimin berdo’a dalam sholatnya:

اللهم إني أعودبك من عذاب القبر, ومن عذاب جهنم….. (البخاري 2/102؛ مسلم 1/412)

“Ya Allah, aku berlindung kepada Allah dari azab kubur dan dari azab Jahannam…” (HR. Bukhori 2/102; Muslim 1/412), hingga orang awampun yang bukan ahlul ijma’ dan bukan ulama berdo’a seperti itu.

Adapun zahirnya Al-Qur’an, seperti firman Allah Azza wa Jalla tentang keluarga Fir’aun (artinya):”Kepada mereka dinampakkan Neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada malaikat):’Masukkan Fir’aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras” (QS. Ghofir: 46).

Tidakdiragukan lagi bahwa dinampakkan Neraka kepada mereka bukan dalam rangka agar merela senang, akan tetapi agar mereka mendapat siksa-Nya. Allah Azza wa Jalla berfirman:

“…. وَلَوْ تَرَى إِذِ الظَّالِمُونَ فِي غَمَرَاتِ الْمَوْتِ وَالْمَلآئِكَةُ بَاسِطُواْ أَيْدِيهِمْ أَخْرِجُواْ أَنفُسَكُمُ …. (93) سورة الأنعام.

“Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim berada dalam tekanan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): “Keluarkanlah nyawamu” (QS. Al-An’am: 93).

Allahu Akbar, sesungguhnya mereka benar-benar kikir dengan nyawa mereka yang mereka ingin agar nyawa itu keluar.

“…الْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُونِ بِمَا كُنتُمْ تَقُولُونَ عَلَى اللّهِ غَيْرَ الْحَقِّ وَكُنتُمْ عَنْ آيَاتِهِ تَسْتَكْبِرُونَ. (93) سورة الأنعام.

Di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayatNya. (QS. Al-An’am: 93).

Firman-nya yang berbunyi اليوم (pada hari ini) merupakan bentuk janji untuk waktu yang telah tiba, maksudnya adalah hari sekarang, yaitu hari kematian mereka.

“… تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُونِ بِمَا كُنتُمْ تَقُولُونَ عَلَى اللّهِ غَيْرَ الْحَقِّ وَكُنتُمْ عَنْ آيَاتِهِ تَسْتَكْبِرُونَ (93) سورة الأنعام.

Di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayatNya. (QS. AL-An’am: 93).

Jadi azab kubur itu benar-benar ada berdasarkan keterangan sunnah, zahirnya Al-Qur’an dan Ijma’ kaum muslimin.

Sumber: Majmu’ Fatawa Arkanil Islam, soal no: 53.

www.abu-mohammad.blogspot.com

Iklan

Komentar ditutup.