Pindah Rumah Karena Kesialan

Posted: 8 - Juli - 2007 in Aqidah/Manhaj, Fatwa, Nasehat

 Bismilah

PINDAH RUMAH KARENA KESIALAN

Oleh:

Asy-Syaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin rahimahullah

  

Samahatusy Syaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin rahimahullah ditanya:”Ada seseorang yang tinggal di suatu rumah, ia menderita sakit. Banyak musibah yang menimpanya membuat dia merasa sial dirumahnya. Apakah boleh dia pindah rumah karena sebab ini?”

Jawab: Barangkali ada sebagian tempat, kendaraan atau istri yang menjadikan sial. Allah menjadikannya dengan hikmah bagi yang tertimpa, terkadang ada yang buruk atau manfaatnya hilang dan semacamnya. Kalau demikian, boleh saja ia menjual rumahnya atau pindah ke rumah yang lain dengan berharap semoga Allah menjadikan baik dengan pindahnya dia ke sana. Telah diriwayatkan dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda (artinya):”Kesialan ada dalam tiga hal: Rumah, istri dan kuda”. Sebagian kendaraan ada kesialan, sebagian istri terdapat kesialan dan disebagian rumah terdapat kesialan. Bila manusia memandang ini maka dia akan tahu bahwa itu adalah takdir Allah Azza wa Jalla. Dan Allah dengan hikmah-Nya telah mentaqdirkan hal itu agar manusia pindah ke tempat yang lain. Wallahu A’lam.

 

Sumber: Manjmu’ Fatawa Arkanil Islam, soal no: 92.

Iklan
Komentar
  1. ummu nabil berkata:

    Assalamu’alaikum warahmatullah….
    Ust,ana mau tanya.Ana pernah melihat seseorang yang sering ditimpa kesialan,seringkali hal yang dilakukannya mengalami kesialan,kadang merugikan diri sendiri dan juga orang lain.
    Begitu juga sebaliknya ada juga orang yang selalu mendapat keberuntungan,apa saja yang dilakukannya dan dimana saja dia berada maka pertolongan dan kemudahan selalu saja datang menghampirinya.
    Bagaimana pandangan islam tentang masalah ini.Syukron.

    Wa ‘alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s