Pasangan Bagi Penghuni Surga

Posted: 6 - Juni - 2007 in Aqidah/Manhaj, Fatwa

Bismilah

PASANGAN BAGI PENGHUNI SURGA

Oleh:

Asy-Syaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin rahimahullah

 

 

Samahatusy Syaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin rahimahullah ditanya:”Disebutkan bahwa bagi laki-laki akan mendapatkan bidadari di Surga, lalu yang akan didapatkan untuk perempuan?”

Jawab: Allah Azza wa Jalla berfirman tentang kenikmatan ahli Surga:

… وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَشْتَهِي أَنفُسُكُمْ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَدَّعُونَ. نُزُلًا مِّنْ غَفُورٍ رَّحِيمٍ (31-32) سورة فصلت.

“…Di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta. Sebagai hidangan (bagimu) dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Fushilat: 31-32).

Allah Ta’ala berfirman:

يُطَافُ عَلَيْهِم بِصِحَافٍ مِّن ذَهَبٍ وَأَكْوَابٍ وَفِيهَا مَا تَشْتَهِيهِ الْأَنفُسُ وَتَلَذُّ الْأَعْيُنُ وَأَنتُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (71) سورة الزخرف.

“Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya.” (QS. Az-Zukruf: 71).

Merupakan sesuatu yang maklum bahwa pasangan (suami/istri) termasuk yang paling disenangi juwa yang hal itu akan didapatkan oleh ahli Surga laki-laki dan perempuan. Perempuan akan dijodohkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala di Surga dengan suaminya yang menjadi pasangannya sewaktu di dunia, sebagiamana firman Allah Azza wa Jalla:

رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدتَّهُم وَمَن صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ إِنَّكَ أَنتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (8) سورة غافر.

“Ya Rabb kami, dan masukkanlah mereka ke dalam syurga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS. Al-Ghofir/Al-Mukmin: 8).

Jika perempuan itu belum menikah di dunia, maka Allah akan menikahkan dirinya dengan seseorang yang menyejukkan pandangan matanya di Surga.

Dinukil dari Majmu’ Fatawa Arkanil Islam, soal no. 58

Iklan
Komentar
  1. Djuwandi Hantarbumi berkata:

    ass. wr.wb.
    waktu kecil pernah diajari “nyanyian” yang menyatakan seorang yang masuk surga akan mendapatkan 40 bidadari. Tolong kalau ada yang tahu dari mana rujukan nyanyian tersebut.

    wass. wr.wb.

    Sebelumnya, kami harap kepada Anda dan kepada pengnjung blog ini. Jika Anda hendak memberikan komentar, maka kami harap untuk tidak menyingkap salam.

    Selanjutnya, kami jawab: Allahu A’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s