Pentingnya Ilmu Dalam Berda’wah

Posted: 8 - Mei - 2007 in Fatwa, Nasehat

 Bismilah

PENTINGNYA ILMU DALAM BERDA’WAH

Oleh:

Asy-Syaikh Sholih bin Fauzan Al-Fauzan Hafizahullah

 

Syaikh Sholih bin Fauzan Al-Fauzan hafizahullah Ta’ala ditanya:“Manakah yang lebih penting, menuntut ilmu (agama) atau berda’wah di jalan Allah?”

Jawab: Yang terpenting (pertama) adalah menuntut ilmu agama. Karena tidak mungkin bagi seseorang berda’wah di jalan Allah kecuali ada pada dirinya ilmu. Apabila ia tidak memiliki ilmu maka tidak mungkin baginya berda’wah dijalan Allah. Jika ia berda’wah (tanpa ilmu) maka ia banyak memiliki kesalahan dari kebenarannya.

Maka syarat dari seorang da’I adalah ia memiliki ilmu sebelum berda’wah secara langsung. Allah Ta’ala berfirman:

قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَاْ وَمَنِ اتَّبَعَنِي (108) سورة يوسف

“Katakanlah: “Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata…” (QS. Yusuf: 108).

Disana terdapat perkara-perkara yang tanpak bagi orang-orang awam untuk menda’wahkannya, misalnya: Mendirikan sholat secara berjama’ah dan melarang dari meninggalkannya, mendirikan sholat dengan keluarga, memerintahkan anak-anaknya untuk melakukan sholat. Perkara-perkara ini adalah perkara yang tanpak yang mana orang awam dan orang yang berilmu mengetahuinya. Akan tetapi perkara-perkara yang memerlukan pemahaman dan ilmu seperti perkara halal dan haram, masalah tauhid dan kesyirikan maka masalah-masalah ini harus berdasarkan ilmu padanya.

Dinukil dari: Al-Ajwibatul Mufidah, soal no. 54 hal: 146. Syaikh Sholih bin Fauzan Al-Fauzan.

 

 

Iklan
Komentar
  1. SUGENG berkata:

    mohon kirim fadilah – fadilah menuntut agama

    Anda dapat memperolehnya dalam kitab Riyadhus Sholihin karya Imam An-Nawawi rahimahullah dan Kitab Al-Ilm karya Syaikh Muhammad bin Sholih Al-‘Utsaimin rahimahullah, Barokallah Fiikum.

  2. herisuanto berkata:

    Assalamu alaikum

    Wa ‘alaikum salam warohmatullahi wa barokatuh

    Akhi fillah, Saya sependapat dengan anda bahwa ilmu penting dalam berdakwah, berdakwah tanpa ilmu membawa dalam kesesatan dan menyesatkan, jadi intinya seorang da’i harus memimiliki ilmu.

    Saya setuju dengan komentar Anda ini. Akan tetapi tidaklah demikian keadaannya dalam Jama’ah Tabligh. Kita saksikan orang yang baru saja taubat dari perbuatan maksiat/dosa memberikan “nasehat” tanpa adanya ilmu. Bukankah ini sesat menyesatkan??!

    saudaraku, saya kurang setuju kalau harus menuntut ilmu dahulu baru buat kerja dakwah tidak seharusnya bagi kita untuk meninggalkan dakwah karna menuntut ilmu atau sebaliknya tapi harus seiring, menuntut ilmu juga berdakwah (Ta’lim dan ta’alum), karna ilmu dan mendakwahkan ilmu tersebut adalah seperti dua sayap yang tidak bisa dipisahkan dan tentunya diamalkan sebelum disampaikan. inilah yang dibuat oleh para sahabat R.a belajar dari rasulallallah Saw. terus diamalkan dan di dakwahkan. jadi seorang da’i (setiap ummat islam laki-laki dan perempuan adalah Da’i) harus memanajemen waktunya. saya ambil contoh seorang tabiin membagi waktunya dalam setahun tiga bagian, 4 bulan untuk berkerja berhidmat kepada keluarga, 4 bulan kedua untuk belajar dan 4 bulan terakhir untuk berdakwah. kita bisa membagi waktu kita mungkin sebulan kita bagi 2 bagian. 20 hari kita gunakan untuk berkerja sisanya 10 hari untuk belajar dan berdakwah. kalau kita masih sekolah paling tidak kita menyisakan waktu kita 1 hari dalam sebulan untuk berdakwah. setiap hari mungkin 2 jam setengah untuk dakwah kalau tidak mampu juga 15 menit berdakwah kepada siapa saja baik keluarga teman dsb. wallahu ‘alam.

    Cairo, 14 des 2007

    Ada beberapa catatan dalam hal ini:
    1. Siapakah nama tabi’in ini?

    2. Ada di kitab manakah hal ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s