Hijab Syar’i

Posted: 27 - Desember - 2006 in Fatwa, Muslimah

HIJAB SYAR’I

Oleh: Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-‘Utsaimin Rahimahullah Ta’ala

Fadhilatus Syaikh Utsaimin Rahimahullah ditanya: Apa yang dimaksud dengan hijab yang syar’i?

Jawab: Hijab syar’i adalah hijab yang menutupi anggota badan yang haram untuk ditampakkan dan yang terutama adalah wajah. Karena ia adalah letak kecantikan. Maka yang wajib bagi wanita adalah menutup wajahnya dari pandangan orang-orang yang bukan mahramnya.
Adapun orang-orang yang menyangka bahwa hijab syar’i adalah hijab yang menutup kepala, leher, dada, kaki, betis, dan lengan. Dan membolehkan untuk mereka menampakkan wajahnya. Sesungguhnya ini termasuk pendapat yang paling aneh.
Karena sudah dimaklumi bahwa daya tarik dan tempat fitnah ada pada wajah. Maka bagaimana bisa dikatakan bahwa syari’at melarang wanita menyingkap kaki dan membolehkan mereka menyingkap wajah?! Hal ini tidak mungkin terjadi di dalam syari’at yang agung dan bijaksana lagi suci dari kontradiksi.
Dan setiap orang menyadari bahwa fitnah menyingkap wajah lebih besar dari fitnah menyingkap kaki. Dan setiap insan mengetahui bahwa letak daya tarik wanita bagi laki-laki ada pada wajahnya.
Oleh karena itu seandainya dikatakan kepada laki-laki yang ingin melamar seorang wanita, bahwa calonmu wajahnya jelek tapi kakinya cantik, tentu dia akan mundur. Dan sebaliknya apabila dikatakan kepadanya bahwa calon anda wajahnya cantik tapi pada tangan, kaki dan betisnya tidak indah, tentu dia akan terus maju.
Maka jelaslah bahwa wajah adalah bagian yang paling harus ditutup. Dan ada dalil-dalil dari Al Qur’an dan As-Sunnah serta perkataan-perkataan shahabat dan para imam dan ulama Islam yang menunjukkan akan wajibnya seorang wanita menutup seluruh tubuhnya di hadapan yang bukan mahramnya. Serta dalil-dalil yang menunjukkan wajibnya seorang wanita menutup wajahnya di hadapan yang bukan mahramnya. Dan bukan sekarang saat yang tepat untuk menyebutkannya. Wallahua’lam.

Sumber:
Majmu’ Fatawa (2/863)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s